Selasa, 18 Maret 2008

PENELITIAN INTERNAL PNJ

Dengan telah dihentikannya Penelitian Dosen Muda dan Kajian Wanita oleh Dikti, maka harapan penelitian hibah Dikti 2008 tinggal tertumpu pada Penelitian Hibah Bersaing dan Penelitian Fundamental. Persyaratan Penelitian Hibah Bersaing dan Fundamental cukup berat, karena harus sudah memiliki pengalaman penelitian sebelumnya.
Namun, UP2M sebagai pengelola penelitian dan pengabdian pada masyarakat, akan meluncurkan penawaran Penelitian Internal. Demikian dikemukakan oleh Bapak Tossin Alamsyah selaku ketua UP2M dalam rapat koordinasi UP2M (18/3) yang lalu.
Sebagai ‘bocoran’ penawaran penelitian tersebut, Pak Tossin menjelaskan paling tidak ada 50 judul Penelitian @ Rp. 5 juta untuk Hibah Penelitian Dosen PNJ. Kemudian ada 50 judul Penelitian Dosen Muda yang besarnya juga Rp. 5 juta per judul. Penelitian Unggulan masih tetap ada sebanyak 12 judul yang akan didanai Rp. 15 juta per judul.
Yang menarik dan cukup baru dari program UP2M tahun 2008 ini adalah Program Riset Grant untuk Dosen dan mahasiswa. Program ini mirip PKMT yang dikelola Dikti, yaitu bantuan penelitian dosen dan mahasiswa yang sedang tugas akhir. Besarnya bantuan dana penelitian ini juga Rp. 5 juta/ judul. Program ini nantinya menyediakan 30 judul yang akan didanai.
Lebih lanjut Pak Tossin mengemukakan bahwa tiap dosen dapat mengajukan proposal penelitiannya 1 kali sebagai ketua dan 1 kali sebagai anggota. Dengan demikian banyak dosen yang akan mendapatkan hibah penelitian internal Politeknik Negeri Jakarta ini. Kita tunggu saja pengumuman resminya!!!
(prj)

Tidak ada komentar: