Sabtu, 01 Maret 2008

MOTIVASI DARI PROF. M. NASIKIN


Satu lagi, para dosen PNJ sebagai peneliti perguruan tinggi dimotivasi oleh seorang Pakar Penelitian. Dengan gayanya yang khas Prof. Dr. Ir. M. Nasikin memberi motivasi kepada peserta Lokakarya UP2M yang digelar 1 Maret 2008 di Gedung Q PNJ. Wawasan berpikir penelitian kita disegarkan dengan penjelasan dan pengalaman beliau.
Prof. Nasikin menjelaskan pentingnya peneliti menyusun dan memperhatikan Roadmap Riset, Dengan adanya Roadmap Riset tersebut, peneliti dapat mensinergiskan penelitiannya dari penelitian dasar, penelitian terapan dan penelitian dengan industri. Menurutnya memilih topik penelitian hendaknya yang ada di seputar kita. Memilih topik menyelesaikan masalah bangsa dengan menggunakan sumberdaya lokal. Beliau juga menyediakan waktu untuk menjawab email, jika para peserta lokakarya ingin mengkonsultasikan judul penelitiannya.
Sebelumnya dijelaskan secara rinci Penelitian RAPID oleh staf Dikti yang juga dosen IPB. Tampaknya penelitian di Politeknik masih belum siap mengikuti RAPID mengingat persyaratannya yang cukup berat. Namun semuanya perlu mendapatkan perhatian dari dosen Politeknik, siapa tahu ada yang sudah siap mengikutsertakan proposalnya di tahun 2008 ini.
(prj)

Tidak ada komentar: