Sabtu, 22 November 2008

DISKUSI HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI JAKARTA TAHUN 2008

Diskusi Hasil Pengabdian Masyarakat PNJ tahun 2008

Diskusi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, merupakan kegiatan yang dilaksanakan UP2M PNJ untuk mendapatkan masukan dari masyarakat terkait dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dan akan dilaksanakan oleh dosen-dosen Politeknik Negeri Jakarta. Kegiatan ini juga bersamaan dengan Pameran Poster Pengabdian masyarakat yang diadakan PNJ selama tahun 2008. Dilaksanakan hari Sabtu, 15 November 2008 di Aula Gedung Direktorat PNJ. Prof. Dr. Ir Johny Wahyuadi M Soedarsono yang membuka resmi Acara Diskusi ini menekankan pentingnya kegiatan masyarakat yang merupakan bagian yang tidak terpisahnya dari tugas Perguruan Tinggi. Tampil dalam Diskusi Pengabdian Masyarakat ini pembicara dari DP2M Dikti, dari Dinas Perindustrian Kab. Bogor dan dari BPMKS Bogor. Dari PNJ yang tampil adalah Ibu Dewi Susi yang mengelola Program Sibermas PNJ.

Dari BPMKS Bogor, mengemukakan umumnya Pihak Perguruan Tinggi dapat menjelaskan program pemberdayaan masyarakat secara baik, namun masih perlunya pendampingan bagi masyarakat yang dibantu agar masyarakat dapat mandiri. Peran Perguruan tinggi sangat diharapkan dan diperlukan kesabaran dalam pendampingannya. Wakil dari Kec. Citeureup juga mengharapkan diperbanyaknya pelatihan keterampilan sebagai bekal untuk mandiri. Usulan dari DP2M hendaknya Perguruan Tinggi mengembangkan usaha-usaha pemberdayaan masyarakat pedesaan, seperti misalnya penanaman pohon jarak bahan bakar kompor. Manfaat Pengabdian banyak manfaatnya, namun banyak pekerjaan rumah di tahun 2009.

Kegiatan Diskusi diakhiri dengan pengumuman Poster terbaik pilihan pengunjung. Sebagai Juara I diraih oleh Poster Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Beji Timur yang dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Sipil. Disusul Poster Jurusan Teknik Elektro sebagai Juara II dengan kegiatan pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di desa Karang Tengah, Kab. Bogor. Sedangkan Juara III diraih Program Vucer Pembuatan Komposter rancangan P. Sukusno dari Jurusan Teknik Mesin.

(prj)

Tidak ada komentar: